2 Tips penting menjalin komunikasi yang baik dengan anak

Tips penting menjalin komunikasi yang baik dengan anak

Menjalin komunikasi dengan anak itu memang merupakan hal yang susah-susah gampang, terlalu lembut atau terlalu keras saat berkomunikasi dengan anak merupakan hal yang akan berdampak kurang baik nantiny, sehingga kita harus menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan anak. Bukan hanya itu saja, terkadang kita sebagai orang tua sering cuek terhadap hal-halk yang kita anggap kecil padahal sebenarnya akan memiliki dampak yang besar dalam proses tumbuh dan kembang anak. Seperti disebutkan tadi di awal bahwa komunikasi dengan anak merupakan hal yang sangat penting sehingga kita harus bisa berkomunikasi dengan anak secara tepat agar anak dapat berbicara dan membagi semua problemnya dengan orang tua sehingga anak akan berbicara kepada kita sebagai orang tua mengenai perasaan dan pikiran mereka dan sebaliknya untuk menjalin komunikasi yang baik kita juga sebagai orang tua harus merespon dan mendengarkan terhadap segala hal. Sehingga komunikasi kita dengan anak akan berjalan dengan baik yang menciptakan keakraban, sehingga kita menunjukan sisi peduli kita pada anak.

  1. Mendengarkan setiap anak sedang berbicara

Ketika anak kita ingin mengatakan sesuatu atau sekedar ingin mengobrol, sebaiknya kita menjadikan hal tersebut sebagai prioritas utama. Jika kalian sedang mengerjakan suatu hal alangkah baiknya kalian menghentikan dulu kegiatan tersebut, karena di khawatirkan saat kita tidak menghentikan kegiatan tersebut saat anak sedang berbicara ia akan merasa bahwa orang tuanya kurang peduli dengan apa yang ia katakana dan hal tersebut bisa berdampak negative kedepannya, dimana nantinya anak tidak akan tertarik berbicara dengan kalian karena selalu menganggap bahwa kalian tidak peduli terhadap dirinya dan tidak akan mendengarkan ketika anak berbicara. Jika memang anda tidak dapat meninggalkan pekerjaan tersebut, kalian bisa memberi tahu anak dengan lembut seperti “kamu kenapa? ibu/ ayah sedang ada pekerjaan dulu sebentar 15 menit lagi selesai dan kita akan bicarakan semuanya”. Tanpa kita sadari sebenarnya saat anak sedang bercerita mereka tidak terlalu ingin mendapatkan saran dair kita sebagai orang tua, mereka hanya ingin ada yang mendengarkan. Oleh karena itu saat anak sedang berbicara sebaiknya kalian tidak memotong pembicaraan kecuali mereka terlihat sedang menjeda ingin melihat respon kalian, disitu kalian barulah dapat berbicara sesuai dengan porsi yang seharusnya, jangan terlalu ikut campur dengan masalah anak jika mereka memang tidak menginginkannya.

  1. Jangan berteriak dan membentak saat marah

Setiap anak pasti pernah melakukan kesalahan dan sangat wajar kita sebagai orang tua memiliki rasa marah. Tetapi ada hal yang penting, anak perlu tahu bahwa kita sedang marah tetapi ada baiknya kita sebagai orang tua tidak berteriak-teriak saat marah pada anak, hal tersebut dapat menimbulkan trauma pada anak tanpa kita sadari, bahkan bisa jadi si anak menyimpan rasa benci pada kita karena telah memperlakukannya seperti itu. Sangat penting anak mengetahui bahwa kita marah agar si anak mengetahui kesalahan yang mereka perbuat, tetapi jangan ekspresikan kemarahan kita dengan berteriak dan membentak apalagi berkata kasar. Lebih baik kalian membicarakannya dengan anak agar lebih kondusif, ajak anak berdikusi dan kita harus memberitahukan kesalahannya dan juga memberikan konsekuensi atas apa yang telah diperbuat. Dengan hal tersebut anak akan belajar mendengarkan kita sebagai orang tua dan mereka juga akan mulai membangunkepercayaannya pada kita.

Itulah 2 tips penting yang harus selalu diingat saat kalian ingin menjalin komunikasi yang baik dengan anak.